TIPS AND TRICK BUAT CEPET JAGO MAEN GITAR! (PART 2)

Halo gan nih ane sambung tuh dari postingan yg sebelum" nya.....
Gan, kalo mau bisa mane gitar ya agan harus tau juga laaah cara milih gitar yg bener. Nih ane kasih tips nya dah.....cekidroooooot.

1. Minat 
Nah apakah agan minat buat beli gitar maksudnya minat buat beli gitar yg biasa ato yg bagus? kalo saran ane sih mending beli yg mahal sekalian gan biar awet, soalnya semakin bagus dan mahal gitar, ummur gitar entuh pasti lama gan dan suaranya juga bakal tetep mantep dah.

2. Bentuk & Desain
Ini juga penting gan, kalo agan mau beli gitar pilih yg sesuai agan pengen, jangan sampe badan agan kecil pilih gitar yg jumbo jangan gan. Kalo saran dari ane sih mending beli gitar yg fret nya banyak, suatu saat entar agan belajar melody sampe ujung, ntar agan ga akan nyesel beli tuh gitar.

3. Kenyamanan
Salah satu faktor yang menentukan adalah kenyaman gitar itu sendiri. Nyaman dalam artian apakah neck tersebut pas di jari. Cobalah memainkan beberapa chord terlebih chord tegak dan chord yang berada di fret bawah. Silahkan baca juga chord tegak di sini.

Tebal tidak nya sebuah neck juga mempengaruhi permainan dan biasa neck yang tebal tidak cocok untuk bermain speed
Yang jelas pas di tangan dan memungkinkan teman-teman bisa bereksplorasi di kemudian hari.

4. Suara Yg Dihasilkan
Suara adalah poin penting ketika kita ingin membeli sebuah gitar. Banyak karakter suara dari gitar bahkan setiap gitar punya karakter yang berbeda, ada yang mendem, bulat, nyempreng, dll. Coba juga memainkan nada-nada di atas fret 12 dan dengarkan apakah suaranya masih terdengar bagus dan tidak fals.

Cobalah memetik nada di setiap fret pada setiap senar, dari ujung ke ujung. Ini untuk mengantisipasi ada fret yang buzzing yang mengakibatkan nada nya tidak kedengaran sempurna. Bisa juga melakukan teknik-teknik bending di beberapa fret terakhir. 


5. Faktor Neck
Perhatikan neck gitar, dan perhatikan apakah lurus atau bengkok. Dulu seorang teman saya ketika akan membeli gitar bahkan mencoba menyetem gitar baru di toko dengan tuning yang agak kencang melebihi steman standar untuk mengetahui apakah neck gitar tersebut tahan terhadap steman/tuning di atas standar. Dari eksperimennya ada beberapa gitar yang ketika pertama kali di tuning standar saja necknya langsung bengkok. Jadi kira bisa mencoba cara  yang 1 ini

6. Survey Harga
Sebelum membeli lebih baik kita mengadakan survey sendiri tentang harga-harga gitar. Caranya bisa saja melalui forum-forum jual beli di internet atau langsung datang ke toko gitar terdekat. Tetapi saya lebih menyarankan untuk datang langsung melihat barangnya sebab kalau dari internet kita tidak punya gambaran dan biasanya yang lebih di tonjolkan masalah desain nya padahal kita juga harus memperhatikan kualitas suara.

Ingat juga untuk tidak tergesa-gesa dan langsung membeli, cobalah membandingkan harga dengan toko yang lain. Tidak semua gitar dengan harga mahal kualitasnya bagus. Memang ada jaminan kualitas dari harga tapi kalau kita pintar memilih kita bisa mendapatkan gitar  murah dengan kualitas bagus.


Sekian nih postingan dari ane, semoga bermanfaat :D

0 komentar:

Posting Komentar